You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Saluran PHB Bukit Duri Utara Dikuras
.
photo Aldi Geri Lumban Tobing - Beritajakarta.id

Saluran PHB Bukit Duri Utara Dinormalisasi

Saluran nggak berfungsi, isinya lumpur semua. Kita kuras dan perdalam sampai eksisting atau aslinya sedalam 1,5 meter

Saluran penghubung (PHB) Jl Bukit Duri Utara, Kelurahan Bukit Duri, Tebet, dinormalisasi. Ditargetkan, pengerjaan pembongkaran inrit dan pengurasan saluran PHB selebar satu meter sepanjang sekitar 700 meter tersebut, rampung dalam dua pekan.

Pantauan Beritajakarta.com, pengerjaan pengurasan dibantu satu unit alat berat eskavator. Selain membantu pengurasan lumpur, eskavator difungsikan membongkar sejumlah inrit yang menutupi saluran.

Inrit Saluran PHB Kelapa Dua Dibongkar

Wali Kota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi mengatakan, pengurasan juga sebagai upaya mengatasi genangan di kawasan SMAN 8. Selama ini, saluran PHB selebar satu meter dengan kedalaman 1,5 meter itu dipenuhi lumpur.

"Saluran nggak berfungsi, isinya lumpur semua. Kita kuras dan perdalam sampai eksisting atau aslinya sedalam 1,5 meter," katanya, Rabu (6/4).

Ditambahkan Tri, selain PHB, sodetan yang menghubungkan saluran PHB Bukit Duri Utara ke Kali Ciliwung juga akan dibersihkan. Saat ini, pembersihan sodetan tengah dikaji apakah harus menggunakan alat berat atau cukup dengan tenaga kerja saja.

Menurut Tri, selain pembuatan kolam olakan oleh Dinas Tata Air DKI Jakarta di area SMAN 8, sedikitnya ada tiga kegiatan yang dilakukan oleh Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan. Ketiganya juga ditujukan mengatasi genangan yang kerap merendam SMAN 8.

"Satu bongkar inrit, kedua bongkar pos RW, kemudian pengurasan lumpur di saluran sekeliling di lingkungan RW 12 atau SMAN 8," tutur Tri.

Kepala Suku Dinas Tata Air Jakarta Selatan, Holi Susanto mengatakan, pengurasan lumpur saluran di sekeliling SMAN 8 akan memudahkan aliran air yang menuju saluran PHB Bukit Duri Utara yang bermuara di Kali Ciliwung. Sehingga, saat terjadi hujan deras air dapat segera dialirkan dari kawasan tersebut.

"Inrit saluran sekitar SMAN 8 dibongkar dan dikuras lumpurnya. Saat hujan datang juga jadi gampang ngangkutin sampahnya, dan aliran air menuju saluran PHB lancar. Bisa lah dua minggu selesai," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1223 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1121 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1051 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye987 personTiyo Surya Sakti
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye933 personAldi Geri Lumban Tobing